Fungsi Meteran dan Cara Menggunakannya

Fungsi Meteran dan Cara Menggunakannya – Hai sahabat semua, kali ini kita akan membahas salah satu alat ukur yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meteran adalah salah satu alat ukur besaran panjang.Jika selama ini kita mengenal alat ukur panjang yaitu jangka sorong, mistar, mikrometersekrup maka saat ini kita akan belajar tentang meteran. Panjang termasuk kedalam besaran pokok. Meteran juga biasa di kenal dengan roll meter, karena alat ukur ini jika tidak digunakan di simpan dalam bentuk roll. Berikut ini salah satu contoh dari meteran tersebut:

Fungsi Dan Cara Menggunakan Meteran

Fungsi Dan Cara Menggunakan Meteran

Fungsi Meteran

Apa itu fungsi meteran? Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya sudah kita jelaskan di atas. Meteran adalah salah satu alat ukur untuk mengukur besaran panjang. Jadi tentunya fungsi dari meteran ini adalah mengukur besaran panjang tersebut. Besaran panjang dapat berupa jarak, panjang, lebar, tinggi dan lainnya. Tentunya fungsi ini tergantung dari jenis meteran yang anda gunakan. Contoh, pernahkah anda pergi ke tukang jahit dan melihat tukang jahit tersebut mengukur anda yang hendak membuat baju menggunakan alat ukur? Yups alat ukur tersebut juga disebut dengan meteran. Meteran yang digunakan tukang jahit memiliki jangkuan maksimal yang dapat diukur lebih pendek di bandingkan dengan meteran yang digunakan oleh pekerja dalam membuat jalan. Itulah salah satu fungsi dari meteran tersebut.

Cara menggunakan Meteran

Sesungguhnya cara menggunakan meteran ini sangat mudah. Jika anda sudah bisa menggunakan mistar, maka anda juga bisa menggunakan alat ukur yang satu ini. Sebelum menggunakan meteran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

  • Satuan ukuran yang digunakan sebuah meteran. Beberapa produk menggunakan satuan dalam Inggirs yaitu yard, feet dan inch serta satuan dalam bentuk metrik mm, cm dan meter.
  • Satuan terkecil adalah mm dan feet
  • Pastikan angka nol pada alat ukur ini. Angka nol di letakkan di awal benda yang akan di ukur.

Cara menggunakan meteran sangat mudah, terdapat beberapa langkah berikut ini:

  1. Cara menggunakan alat ini relatif sederhana, Pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan merentangkan meteran ini dari ujung satu ke ujung lain dari objek yang diukur. Ingat angka Nol pada meteran diletakkan pada awal objek yang di ukur. Untuk menghasilkan hasil pengukuran yang akurat, kami sarankan dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  2. Seorang memegang ujung awal dan meletakan angka nol meteran di titik yang pertama atau di titik awal objek yang hendak di ukur
  3. sedangkan Seorang lagi memegang rol meter menuju ke titik pengukuran lainnya, tarik meteran selurus mungkin dan letakan meteran di titik yang dituju dan baca angka meteran yang tepat di titik tersebut.

Demikianlah salah satu fungsi meteran dan bagaimana cara menggunakan meteran tersebut serta membaca hasil dari pengukuran menggunakan meteran. Jangan lupa bagikan melalui sosial media mu ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *