Pengertian Isotop, isobar dan isoton – Pada artilel sebelumnya kita sudah membahas tentang perkembangan teori atom yang memberikan kesimpulan bahwa terdapat partikel kecil penyusun materi. Partikel itu dikenal dengan partikel subatomik yaitu proton yang bermuatan positif, elektron yang bermuatan negatif dan neutron tidak bermuatan.  Dalam perkembangannya bahwa ditemukan unsur dan penulisan nomor atom dalam sistem periodik. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang pengertian isotop, isobar dan isoton maka perhatikan penjelasan berikut tentang penulisan lambang unsur, nomor atom dan nomor massa.

Lambang Unsur

Jika kita melihat sistem periodik maka kita akan menjumpai lambang unsur yang dilengkapi sebuah angka baik di atas maupun di bawah Unsur tersebut. Angka-angka tersebut melambangkan nomor atom dan nomor massa. Pengetahuan akan hal ini sangat anda butuhkan untuk mempelajari pengertian isotop, isobar dan isoton.

Nomor Atom

Nomor atom secara umum menunjukkan jumlah muatan positif dalam inti atom atau dengan kata lain menyatakan jumlah proton. Jumlah muatan setiap unsur bersifat karakteristik yang artinya satu unsur dengan unsur yang lain memiliki muatan positif yang berbeda. Nomor atom ini dilambangkan dengan huruf Z.

Jika sebuah atom bermuatan netral maka jumlah muatan postif dan negatifnya adalah sama.

Nomor Massa

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam perkembangan teori atom kita mengenal atom terdiri dari proton, elektron dan neutron. Massa dari ketiganya pun sudah ditemukan bahwa massa sebuah atom adalah penjumlahan dari massa proton, elektron dan neutron. Berdasarkan percobaan tetes Milikan, massa elektron sangat jauh lebih kecil dari pada massa neutron, sehingga massa elektron bisa diabaikan.

Karena massa elektron sangat kecil dan diabaikan maka Massa atom adalah penjumlahan massa proton dan massa neutron. Massa atom inilah yang kemudian dikenal dengan nomor atom dan diberi simbol (A).

Nomor Massa = Jumlah proton + jumlah Neutron

Untuk mendapatkan berapa jumlah neutron maka

n = A – Z

Untuk memahami dari bagaimana contoh soal dari lambang sebuah unsur perhatikan tabel berikut ini:

Nomor Atom

Bagaimana sudah pahamkan tentang apa itu proton, elektron, neutron serta nomot atom dan nomor massa? Jika sudah paham maka kita lanjutkan dengan pengertian Isotop, Isoton dan Isobar.

Pengertian Isotop, Isoton dan Isobar

Isotop

Isotop adalah atom-atom dari suatu unsur alam yang mempunyai no atom sama tetapi memiliki nomor massa yang berbeda. Contohnya adalah Hidrogen. Hidrogen memiliki nomor atom yang sama adalah 1 namun ada Hidrogen yang memiliki nomor massa 2, 3. Perhatikan tabel contoh dari isotop

Contoh Isotop

Contoh Isotop

Contoh Isotop

Isoton

Isoton adalah atom dari unsur yang berbeda karena memiliki nomor atom yang berbeda tetapi memiliki jumlah neutron yang sama. Neutron adalah partikel sub atomik yang tidak bermuatan. Sebagia contoh unsur C dan N dapat memiliki jumlah neutron yang sama. Perhatikan contoh berikut ini:

Contoh Isoton

Contoh Isoton

Isobar

Sedangkan isobar adalah atom dari unsur yang berbeda tetapi memiliki nomor massa yang sama.Berikut ini contohnya antara atom C dan N.

Contoh Isobar

Contoh Isobar